Nagari Sungai Limau adalah bagian dari Kabupaten Dharmasraya Propinsi Sumatera Barat, Alamnya sangat cocok sekali dengan Area Pertanian, penduduk Nagari Sungai Limau umumnya bertani dengan cara primitif (berpindah pindah) misalnya: menanam Sawit atau karet, lahan diolah dan ditanami hingga tanaman tersebut besar kira-kira 3 atau 4 tahun maka dia berpindah ketempat yang lain. begitulah kehidupan Masrakat tsb untuk memenuhi kebutuhannya, jalan yang ditempuh untuk keladang mengutamakan mental yang kuat, hewan lepas seperti Babi hutan,Beruang, Orang hutan, dan sebagai jenisnya binatang berbahaya selalu membuat mereka lebih waspada,
sungai Limau secara Goegrafisnya berada diantara Nol(0)derjat sampai dengan 3 Derjat LS dan 100.29 Derjat BT merupakan salah satu Nagari yang terluas yang posisinya berada dibagian selatan Propinsi Sumatera Barat dibandingkan dengan Nagari yang berada di sekitarnya.
Nagari Sungai limau secara Administrasi berbataskan dengan Nagari:
sebelah utara berbataskan dengan Nagari Tanjung Alam
sebelah selatan berbataskan dengan Nagari Alahan Nan Tigo
Sebelah Timur Berbataskan dengan Propinsi Jambi
Sebelah Barat berbataskan dengan Nagari Sinamar.

luas Nagari Sungai Limau adalah 39.04km dengan total penduduk tahun 2017 sekitar:1.548 jiwa. dengan lahan perkebunan seluas 467 ha.atau 24.33% dari luas daerah,
tempat wisata Alamnya sangat banyak sekali yang belum terjamah oleh tangan pemerintahan, sehingga tempat tempat tersebut tidak ada perawatan bahkan untuk akses jalan ketempat tersebut boleh dikatakan sangat sulit sekali.

harapan kepada pihak pemerintah kabupaten maupun Pusat agar kiranya dapat untuk membantu Masyarakat tersebut, membangun jalan, serta bantuan Bibit Sawit, karet maupun Gaharu dan sejenis bantuan lainnya hingga dapat menujang ekonomi Masyarakat.

air terjun sungai batang

tembulun sungai suir

panen lubuk larangan sungai kayu aro

dimohon kepada pihak kabupaten dan pusat untuk memperhatikan nagari kami sungai limau.

Narasumber:

  1. AHMAD. A Md
  2. NANANG ALIGANDI.SP

 

Bagikan Berita